Rabu, 15 Januari 2014

TUGAS 2

Mengolah Informasi Menjadi Pengetahuan 
 
     Mengumpulkan informasi, bagi setiap pelaku baik seorang manager, pengusaha maupun tenaga pendidik atau terdidik (siswa/guru) tentu menjadi kebutuhan yang tak bisa dihindarkan. Sadar atau tidak, mereka senantiasa mencari data dan informasi bagi kebutuhan pengelolaan institusinya. Inilah yang sering disebut pengumpulan inteligent (Inteligence gate ring) , yakni proses membuat pengetahuan atau rahasia yang tersembuyi menjadi accept dalam rangka meraih tujuan organisasi. Mengelola informasi agar menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi pengembangan individu atau lembaga, ternyata bukan langkah yang mudah. Adapun cara yang harus dilakukan dalam mengolah informasi menjadi pengetahuan adalah : 
a. Cari 
    Setiap orang yang pernah melakukan pencarian informasi di internet. Tahu bahwa terdapat ratusan bahkan ribuan sumber informasi. Untuk suatu tipe informasi tertentu. Langkah ini merupakan salah satu yang paling sulit dari menciptakan pengetahuan. Darimana data anda berasal ? 
b. Dapatkan 
    Terutama dengan metode searching yang baku, adalah penting bahwa informasi didapatkan dari sumber yang original dan penyusunannya harus sumber yang bisa dipercaya. Kumpulkan, dan periksa semua informasi, jangan hanya memilah-milah saja. 
c. Evaluasi 
    Setiap bits informasi harus di evaluasi dari segi kualitas, konteks dan umur (informasi memiliki usia manfaat sependek manfaat susu) dan dalam hubungannya dengan informasi-informasi lain yang telah dikumpulkan sekali lagi pertimbangan sumbernya. 
d. Susun 
    Salinlah informasi secara benar. Informasi memiliki banyak corak. Ini bukan lelucon. Akurasi sangat penting. Sebagai contoh, seorang reporter sindikasi nasional menyusun informasi mengenai penyelamatan dana perwakilan jaminan sosial. Dia melaporkan bahwa 2 persen kenaikan dalam withholding tax jaminan sosial sudah cukup untuk menyelamatkan dana tersebut. Hanya, ada sedikit masalah karena kesalahan penyusunan dia kehilangan faktor sebesar 15. Dengan kata lain, withholding tax seharusnya dinaikkan 30 persen untuk menyelamatkan dana yang dimaksud. Kesalahan kecil telah merusak seluruh artikel. 
e. Pahami
    Informasi tidak langsung memiliki arah. informasi memiliki arti berbeda untuk setiap orang, karena memiliki perspektif tersendiri, setiap orang memiliki tujuan tersendiri, agenda tersendiri dan latar belakang yang berbeda-beda. Semua hal tersebut mempengaruhi pemahaman seseorang atas informasi. 
f. Analisis
    Untuk mencapai satu tingkat lebih tinggi dari hanya memahami data. Anda harus mengevaluasi informasi dalam hubungannya dengan semua faktor lain : pengetahuan umum, standar industri, hubungan, kecenderungan untuk berubah, dan lain sebagainya. 
g. Simpulkan 
     Informasi harus dikonsolidasikan. Seorang tenaga penjualan mungkin mendapatkan ratusan halaman informasi dan mesti menguranginya menjadi satu halaman kesimpulan. Apa kesimpulan yang tepat ?
h. Sebarkan/distribusikan 
    Informasi harus sampai ke orang-orang yang tepat. Ini merupakan masalah besar dalam perusahaan dan barangkali merupakan langkah yang paling sulit dari 10 langkah mengubah informasi menjadi pengetahuan. Isu ini bisa memakan satu buku, sebagian besar diantaranya berpusat pada hubungan antar pribadi. Informasi, khususnya informasi terkustominasi, bisa sangat berharga dalam organisasi. Karenanya informasi semacam ini bisa dilindungi, diperdagangkan, ditahan, disembunyikan, dihias atau diolah dalam struktur tertentu. 
i. Bertindaklah berbasis informasi 
    Banyak buku telah ditulis mengenai pentingnya membuat keputusan dan banyak buku juga telah ditulis mengenai pemanfaatan informasi, data, dan pengetahuan dalam keputusan-keputusan tersebut. Apa yang membuat sebuah keputusan memiliki basis yang baik ? 
j. Gabungkan, pelihara, perbaharui 
    Informasi bersifat dinamis dan hidup. Informasi harus disimpan, dikelola, dipelihara dan diperbaharui secara terus-menerus. Informasi mesti diawetkan bersama data-data dan pendapat-pendapat lain. informasi harus disegarkan. Data-data lama harus dibuang (kecuali analisis tren). Baru kemudian informasi bisa menjadi pengetahuan. Informasi boleh menjadi usang tapi pengetahuan harus terus menguat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar